Bagaimana Cara Kerja Mesin Fotocopy?

Bagaimana Cara Kerja Mesin Fotocopy?

Mesin fotokopi bergantung pada prinsip-prinsip listrik dan fotokonduktivitas untuk bekerja. Ada fotoreseptor peka cahaya di dalam mesin yang pertama-tama menarik dan kemudian mentransfer partikel toner ke kertas biasa untuk membentuk salinan dokumen.

Asal-usul mesin fotokopi

Pada masa pra-mesin fotokopi, duplikat salinan dokumen biasanya dibuat di sumbernya, baik dengan menggunakan kertas karbon atau mesin duplikasi manual. Orang-orang senang dengan cara kerjanya, dan tidak ada yang benar-benar mengira bahwa mesin fotokopi akan pernah ada. Namun, Chester Carlson, orang yang menemukan mesin fotokopi, memiliki rencana berbeda untuk dunia.

Dia sebenarnya adalah pengacara paten, dan hanya penemu paruh waktu. Karyanya di Kantor Paten New York mengharuskannya untuk membuat banyak salinan dokumen penting, yang tidak hanya membosankan dan membosankan, tetapi juga tidak nyaman, karena ia menderita radang sendi.

Dia melakukan eksperimen fotokonduktivitas di dapurnya sendiri, membuat desain mesin fotokopi mentah pertama, dan mengajukan paten pada tahun 1938. Dia kemudian mendekati berbagai perusahaan, termasuk General Electric dan IBM, yang semuanya menolaknya, dengan alasan bahwa sejak sudah ada beberapa metode yang tersedia untuk membuat salinan duplikat dokumen, tidak ada yang akan tertarik membeli mesin fotokopi.

Prinsip kerja mesin fotokopi

Mesin fotokopi bekerja berdasarkan dua prinsip dasar: fakta bahwa muatan berlawanan menarik dan kecenderungan bahan tertentu menjadi lebih konduktif secara elektrik setelah menyerap radiasi elektromagnetik, seperti UV, inframerah, cahaya tampak, dll. (Fotokonduktivitas).

Sebagian besar mesin fotokopi modern mengandalkan teknologi yang dikenal sebagai xerografi, yang pada dasarnya adalah teknik fotokopi kering. Ini melibatkan penggunaan partikel bermuatan listrik untuk menarik dan kemudian menyimpan partikel toner ke selembar kertas.

Bagian dari mesin fotokopi

 Mesin fotokopi biasa (juga dikenal sebagai ‘mesin xerox’) terdiri dari komponen-komponen berikut:

Drum fotoreseptor (atau sabuk), yang ditutupi oleh lapisan bahan semikonduktor, seperti selenium, silikon atau germanium. Ini bisa dibilang bagian paling kritis dari mesin.

Toner, yang pada dasarnya hanyalah cairan berpigmen. Kadang-kadang disebut sebagai ‘tinta kering’, toner adalah campuran kering dari partikel plastik halus dan zat pewarna bermuatan negatif yang membuat duplikat gambar pada selembar kertas.

Kabel Corona, yang ketika mengalami tegangan tinggi, mentransfer medan muatan positif ke permukaan drum fotoreseptor dan kertas fotokopi.

Sumber cahaya dan beberapa lensa, yang menyorotkan sinar terang pada dokumen asli dan memfokuskan salinan gambar ke tempat tertentu, masing-masing.

Pelebur dapat dianggap sebagai komponen utama mesin fotokopi, karena unit pelebur melelehkan dan menekan gambar toner ke dalam kertas fotokopi dan memberikan sentuhan akhir pada gambar duplikat sebelum dikeluarkan dari mesin.

Bagaimana cara kerja mesin fotokopi?

Untuk memulai proses fotokopi, tutup atas mesin fotokopi dibuka dan salinan master ditempatkan menghadap ke bawah pada permukaan kaca, di mana sinar cahaya terang akan memindai seluruh dokumen. Area putih pada kertas memantulkan lebih banyak cahaya, sedangkan area hitam memantulkan sedikit atau tidak ada cahaya. Bayangan listrik (atau gambar) dari salinan master terbentuk pada fotokonduktor.

Saat sabuk konveyor (dengan lapisan fotokonduktor) bergerak, dibutuhkan juga bayangan listrik. Partikel toner yang bermuatan negatif menempel pada bayangan listrik dan kesan master copy dibuat pada sabuk konveyor.

Selembar kertas kosong dimasukkan ke dalam mesin fotokopi dari sisi lain, yang perlahan-lahan bergerak ke arah sabuk mesin fotokopi. Saat bergerak di ban berjalan, muatan positif yang kuat diberikan padanya. Daya positif kuat dari kertas kosong itu menarik partikel toner yang bermuatan negatif ke arahnya. Akibatnya, gambar duplikat dari salinan master dibentuk di atas kertas kosong.

Akhirnya, sesaat sebelum meludahkan kertas, unit fuser (sepasang rol panas) memasok panas dan tekanan sehingga partikel-partikel toner terpasang secara permanen / menyatu pada kertas. Inilah sebabnya mengapa salinan duplikat yang baru dikeluarkan cukup hangat saat disentuh.

Diphotocopy

Diphotocopy, merupakan situs online pemasaran, Jual, Sewa, perawatan serta sparepart pendukung mesin fotocopy. Kami menyediakan Fuji Xerox dan Canon, dengan didukung oleh unit mesin fotocopy yang PRIMA, tenaga tehnik yang HANDAL serta BERPENGALAMAN. Mesin fotocopy yang disediakan merupakan mesin yang orisinil dimana didapat langsung dari produsennya.

Layanan Diphotocopy

Layanan yang disediakan oleh Diphotocopy.com adalah Penjualan, Penyewaan dan Perawatan mesin fotocopy, anda dapat melakukan pembelian mesin fotocopy secara langsung di website Diphotocopy.com , anda juga dapat melakukan penyewaan mesin fotocopy Jakarta yang dapat anda pesan pada kontak hotline yang terletak di pojok kanan atas pada laman web Diphotocopy.com

Memudahkan Pekerjaan Anda

Ayo segera pesan mesin fotocopy yang anda butuhkan untuk kantor kerja anda, usaha fotocopy anda dan keperluan kerja anda. Kami siap melayani yang terbaik untuk anda.

Alamat Diphotocopy

Jalan Bina Warga nomor 7 Srengseng Sawah Jagakarsa Jakarta Selatan merupakan alamat dari distributor jual fotocopy Jakarta Anda dapat langsung datang di alamat tersebut untuk bertemu langsung dengan penjual fotocopy jakarta,  atau juga Anda dapat menghubungi langsung melalui WhatsApp pada nomor berikut 0859 2113 60 64.  anda tidak usah bingung-bingung  untuk memilih mesin fotocopy , karena kami menyediakan mesin fotocopy terlengkap dan paling original di Jakarta.  Harga yang kami sediakan sangat fleksibel dan pastinya tidak mengurangi kualitas dari mesin fotocopy yang kami sediakan .

Segera Hubungi Diphotocopy

Tunggu apa lagi Segera hubungi Diphotocopy untuk menunjang kinerja perusahaan anda maupun kerja anda.  sehingga Anda dapat mengoptimalkan waktu anda untuk bekerja .

Salam dari kami  Diphotocopy.com.

Tinggalkan Balasan